ChatGPT Untuk Semua Prosefi
1. Tujuan Pembelajaran
No.(Click to sort Ascending) | Tujuan Pembelajaran Khusus(Click to sort Ascending) | Kompetensi(Click to sort Ascending) | Bidang Studi(Click to sort Ascending) | Actions |
---|---|---|---|---|
1 | Pengenalan ChatGPT & Fungsi Menu Dasbor Utama |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Mandiri, Berdaya |
Komputer Grafis,Komputer Akuntansi,Komputer dan Jaringan Dasar,Sistem Komputer,Keguruan & Pengajaran,Pendidikan & Pelatihan,Bisnis Layanan,Bisnis Manajemen,Bisnis Online,Pengelolaan Bisnis Ritel |
|
2 | Panduan Tentang Prompt |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Berdaya, Mandiri |
Media & Komunikasi,Komputer Grafis,Komputer Akuntansi,Komputer dan Jaringan Dasar,Komunikasi Bisnis |
|
3 | Studi Kasus ChatGPT untuk Pekerjaan Sehari-hari |
Inovatif, Cerdas, Bekerja Sama, Berdaya, Mandiri |
Pendidikan & Pelatihan |
|
4 | ChatGPT untuk Bisnis, Konten & UMKM |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Berdaya, Mandiri |
Bisnis Layanan,Bisnis Manajemen,Bisnis Online,Pengelolaan Bisnis Ritel |
|
5 | Etika & Masa Depan ChatGPT |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Berdaya, Mandiri |
Komputer Grafis,Komputer Akuntansi,Komputer dan Jaringan Dasar,Sistem Kompute |
2. Rujukan Kompetensi
No.(Click to sort Ascending) | Tujuan Pembelajaran Khusus(Click to sort Ascending) | Kompetensi(Click to sort Ascending) | Bidang Studi(Click to sort Ascending) | Actions |
---|---|---|---|---|
1 | Pengenalan ChatGPT & Fungsi Menu Dasbor Utama |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Mandiri, Berdaya |
Komputer Grafis,Komputer Akuntansi,Komputer dan Jaringan Dasar,Sistem Komputer,Keguruan & Pengajaran,Pendidikan & Pelatihan,Bisnis Layanan,Bisnis Manajemen,Bisnis Online,Pengelolaan Bisnis Ritel |
|
2 | Panduan Tentang Prompt |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Berdaya, Mandiri |
Media & Komunikasi,Komputer Grafis,Komputer Akuntansi,Komputer dan Jaringan Dasar,Komunikasi Bisnis |
|
3 | Studi Kasus ChatGPT untuk Pekerjaan Sehari-hari |
Inovatif, Cerdas, Bekerja Sama, Berdaya, Mandiri |
Pendidikan & Pelatihan |
|
4 | ChatGPT untuk Bisnis, Konten & UMKM |
Cerdas, Bekerja Sama, Inovatif, Berdaya, Mandiri |
Bisnis Layanan,Bisnis Manajemen,Bisnis Online,Pengelolaan Bisnis Ritel |
3. Tentang pembelajaran
Pelatihan ini menggunakan moda ASINKRONUS
Okupasi Pelatihan
Pelatihan ini ditujukan bagi individu dari berbagai latar belakang profesi yang ingin memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, untuk meningkatkan efisiensi, kreativitas, dan produktivitas kerja. Sasaran peserta mencakup, namun tidak terbatas pada:
Tenaga pendidik dan pelatih (guru, dosen, tutor), Staf administrasi dan manajemen kantor, Pelaku UMKM dan wirausahawan digital, Content creator, penulis, dan editor, Digital marketer dan customer service, Programmer, analis data, dan profesional IT, Profesional di bidang layanan publik dan sosial
Rujukan Okupasi
Pelatihan ini merujuk pada unit-unit kompetensi dan kategori pekerjaan berdasarkan:
KBJI (Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia) dan ISCO-08 (International Standard Classification of Occupations), antara lain:
2421 – Analis Kebijakan dan Manajemen
2431 – Profesional Pemasaran dan Penjualan
2512 – Pengembang Aplikasi dan Analis Perangkat Lunak
2519 – Profesional Teknologi Informasi Lainnya
2641 – Penulis dan Editor
2320 – Guru dan Pengajar di Luar Sistem Pendidikan Formal
5249 – Pekerja Jasa Penjualan dan Informasi Lainnya
4321 – Petugas Entri Data dan Pengolah Teks
Pelatihan ini mendukung penguatan literasi digital dan AI sebagai bagian dari peningkatan kompetensi kerja di era transformasi digital.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1 - Pengenalan ChatGPT & Fungsi Menu Dasbor Utama
Sesi 2 - Panduan Tentang Prompt
Sesi 3 - Studi Kasus ChatGPT untuk Pekerjaan Sehari-hari
Sesi 4 - ChatGPT untuk Bisnis, Konten & UMKM
Sesi 5 - Etika & Masa Depan ChatGPT