Menyusun Laporan Keuangan dengan Ms. Excel bagi Tenaga Perkantoran
1. Tentang Pembelajaran
Pelatihan ini menggunakan moda Webinar
Okupasi Pelatihan : General office clerks
Rujukan okupasi : Indonesia’s Occupational Tasks and Skills 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar terkait pekerjaan sebagai tenaga perkantoran umum seperti staf tenaga perkantoran, staf tata usaha yang mana diantara pekerjaanya adalah menyusun laporan berbasis pengolah angka sampai menyusun laporan keuangan.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta mendapat bekal menggunakan rumus dan fungsi, mengolah database dalam Ms. Excel serta mendapat dasar-dasar akuntasi dan ini penting karena peserta harus mampu mencatat transaksi keuangan serta memahami siklus akuntansi hingga dihasilkan laporan keuangan. Selanjutnya peserta akan mendapatkan bekal untuk menyusun laporan keuangan dengan Ms. Excel.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Pengaturan Lembar Kerja, penggunaan Fitur-Fitur dan Penyimpanan Dokumen
Sesi 2: Menggunakan Rumus-Rumus dan Fungsi-Fungsi
Sesi 3: Mengolah Database dan Membuat Grafik
Sesi 4: Dasar-Dasar Akuntasi
Sesi 5: Menyusun Laporan Keuangan, mencetak dan mengirim dokumen
SITUASI IDEAL :
Menjadi seorang Tenaga Perkantoran Umum memang harus menguasai banyak keterampilan. Karena akan ada banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan bekal keterampilan tersebut. Selain keterampilan dalam menyusun surat menyurat, keterampilan lain yang harus dikuasai adalah keterampilan dalam mengolah data angka.
Selain untuk membuat laporan yang berbasis pengolahan data angka, seorang tenaga perkantoran umum juga harus menguasai ilmu dasar dari penyusunan laporan keuangan karena dalam kegiatan sehari-hari suatu usaha pasti akan ada transaksi keuangan yang memang harus dicatat untuk selanjutnya diolah menjadi laporan keuangan. Melalui aplikasi pengolah angka dapat memfasilitasi dalam menyusun laporan keuangan tersebut. Jadi sangatlah penting untuk menguasai keterampilan dalam mengolah angka bagi tenaga perkantoran umum.
SITUASI FAKTUAL:
Seorang tenaga administrasi/tenaga perkantoran dituntut mempunyai keahlian khusus dalam menyusun beragam laporan. Namun kenyataan yang terjadi di dunia perkantoran sekarang. Kemampuan sdm dalam merencanakan tidak diimbangi dengan kemampuan penggunaan aplikasi komputer perkantoran secara optimal. Aplikasi yang sering digunakan untuk memenuhi tugas pembuatan laporan keuangan adalah MS-Excel. Melalui MS-Excel aktivitas perkantoran dapat dilakukan secara cepat dan mudah.
(https://www.belbuk.com/microsoft-excel-untuk-administrasi-perkantoran-modern/produk/53686).
Melalui aplikasi microsoft excel juga akan memudahkan menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan salah satu bagian yang tidak ketinggalan di setiap bulannya, menyusun laporan keuangan ini akan sangat rumit dan membingungkan jika kita salah langkah atau tidak mengerti dalam proses pengerjaannya. Dan Jika tidak memiliki ketelitian tinggi untuk meminimalisir kesalahan yang dapat merugikan bisnis
(https://dqlab.id/seberapa-pentingkah-excel-dalam-dunia-kerja)
2. Unit Kompetensi
Unit Kompetensi | |
---|---|
J.63OPR00.005.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar (SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer) |
J.63OPR00.012.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Kerja Tingkat Lanjut (SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer) |
J.63OPR00.008.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client) (SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer) |
M.692000.007.02 |
Memproses Entry Jurnal (SKKNI No. 182 Tahun 2013 - Teknisi Akuntansi) |
M.692000.008.02 |
Memproses Buku Besar (SKKNI No. 182 Tahun 2013 - Teknisi Akuntansi) |
M.692000.013.02 |
Menyusun Laporan Keuangan (SKKNI No. 182 Tahun 2013 - Teknisi Akuntansi) |
ASPEK KOMPETENSI
PENGETAHUAN (KOGNITIF) | SIKAP KERJA (AFEKTIF) | KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR) |
Rumus-rumus / formula dalam Ms. Excel | Teliti dan mampu menggunakan rumus dan fungsi-fungsi dalam menyelesaikan tugas praktik |
Menggunakan Rumus dan Fungsi-Fungsi dalam Microsoft Excel
|
Fungsi-fungsi dan syntax fungsi-fungsi tertentu yang tersedia di Ms. Excel | Teliti dan cepat dalam menyusun laporan keuangan dengan pivot table | Mengolah Database dengan Menggunakan Fasilitas atau Perintah dalam Microsoft Excel |
Langkah pengelolaan data dengan filter, grafik, serta pivot table | Teliti dalam mencetak lembar kerja microsoft excel | Membuat Grafik |
Fitur-fitur pada spreadsheet dan mencetak dokumen hasil pengolahan angka | Mengolah Data Angka dan Menyusun Laporan Keuangan dengan Pivot Table | |
Teknis pengiriman dokumen spreadsheet dengan piranti lunak email dan drive | Mengirim dokumen melalui email dan berbagi lembar kerja |
3. Teknis Pelaksanaan Pelatihan
Waktu Pelaksanaan :
Setiap hari : - Senin sampai Kamis, Sabtu Jam 09.00 sampai 12.00
- Jum'at Jam 08.30 sampai 11.30 WIB / Jam 08.00 sampai 11.00 WIB
TEKNIS PELAKSANAAN PELATIHAN :
Metode pembelajaran ini menggunakan Metode Daring (Full Webinar)
- Login menggunakan Akun Prakerja Anda masing-masing
- Klik pada Aktivitas Webinar, klik pada Link Google Meet yang telah diberikan kemudian Klik Gabung dan Ubah nama sesuai nama Anda
Langkah Akses webinar :
Silakan ikuti pertemuan Webinar pada aktivitas Webinar dalam LMS sesuai dengan jadwal dan tautan pertemuan yang sudah diberikan.
Tata Tertib mengikuti Webinar sebagai berikut :
- Pastikan perangkat Komputer/laptop/ponsel tersambung dengan internet
- Aplikasi yang akan digunakan untuk kelas webinar ini adalah “Zoom“. Jadi, pastikan di komputer/laptop/ponsel Anda sudah terinstal “Zoom“
- Link akses webinar berada pada Aktivitas Webinar pada LMS
- Akses masuk bagi peserta dibuka 15 menit sebelum acara dimulai.
- Peserta hadir tepat waktu pada setiap jadwal Webinar.
- Rename nama akun Anda dengan format "KP - Nama Lengkap Peserta Sesuai KTP"
- Peserta harus menyalakan kamera (on camera) selama mengikuti webinar. Saat screen capture, para peserta DILARANG menggunakan masker, kacamata hitam, topi, dan alat lainnya yang dapat mengganggu proses verifikasi identitas.
- Peserta dimohon untuk tidak mengaktifkan fitur mikrofon saat kegiatan Webinar berlangsung.
- Peserta mengisi kehadiran pada link absensi yang akan dibagikan pada kotak chat box
- Ketika Webinar berlangsung, peserta dapat bertanya kepada narasumber dengan memanfaatkan kotak chat
- Admin memiliki hak penuh untuk mengatur kelas Webinar.
- Untuk dapat mengikuti sesi Webinar hari selanjutnya maka setiap aktivitas yang ada pada sesi berlangsung harus diselesaikan pada hari yang sama.
- Redeem kode hanya dapat dilakukan sesuai jadwal pelatihan yang dipilih dengan waktu 1 jam sebelum pelatihan hingga 1 jam setelah pelatihan dimulai.
Jika mengalami kendala silakan menghubungi CS kami melalui 0823-2954-4389 (WA)
Kuota : 50 peserta
Metode Evaluasi :
- Pre Test
- Post Test
- Formative Test
- Praktik Mandiri
- Unjuk Ketrampilan
a. Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan: Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilakansakan.
b. Instruksi unjuk keterampilan: Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas unjuk keterampilan
c. Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan: Menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi pengolah angka
4. Sertifikat
Langkah Melihat Sertifikat dan Mengisi Rating :
- Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progress menunjukkan 100%, maka akan muncul kolom Rating (Ulasan), dan silakan isi Rating (Ulasan).
- Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di Tab Penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"
Jenis Sertifikat :
- Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki kurang dari 60 nilai post-test
- Sertifikat Kompetensi Lulus, diterbitkan jika peserta minimal 80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan (diperoleh bila nilai post-test minimal 60)
5. Layanan Call Center
LAYANAN CALL CENTER
LPK Pembangunan :
Web : https://lpkpembangunan.sch.id
Contak Center : - 0823 2954 4389 (WA)
Layanan Call Center Kariermu :
CS Karier.mu Prakerja +62 811-8902-171 (WA chat only)
https://www.karier.mu/