Menyusun Surat Menyurat bagi Operator Mesin Pengolah Kata (Webinar)

Pelatihan ini menggunakan moda Webinar

Okupasi Pelatihan                  :  General office clerks

Rujukan okupasi                     :  Indonesia’s Occupational Tasks and Skills 2020

 

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar terkait pekerjaan sebagai tenaga perkantoran umum seperti staf tenaga perkantoran, staf tata usaha yang mana diantara pekerjaanya adalah menyusun surat menyurat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata, mengirim email dan menggunakan drive.

 

Kompetensi yang Dilatih 

Melalui pelatihan ini, peserta mendapat bekal mengenai pengaturan pengetikan dokumen, membuat dokumen kolom koran, tabel serta menyusun surat  menyurat dengan Microsoft Word. Selanjutnya peserta mendapat pula langkah mencetak dokumen, mengirim dokumen menggunakan email serta mengelola dokumen di drive. 

 

Urutan Pembelajaran 

Sesi 1: Pengaturan Halaman Pengetikan dan Penyimpanan Dokumen

Sesi 2: Pengaturan Tabulasi, Simbol dan fitur-fitur yang ada di Microsoft Word 

Sesi 3: Membuat Dokumen Kolom Koran dan Tabel

Sesi 4: Membuat surat massal/mail merge

Sesi 5: Mencetak, Email, serta Menggunakan Google Drive dan Google Docs

 

Situasi Ideal

Sebagai tenaga perkantoran umum dituntut mampu menggunakan Mesin Pengolah Kata. Kemampuan untuk menyusun surat menyurat yang didalamnya terdapat kemampuan mengetik dokumen surat, merencanakan dan menyusun tata letak serta format dokumen, mengubah, mengatur ulang serta mengedit dokumen yang telah diketik. Begitu juga kemampuan mengoperasikan printer untuk mencetak dokumen surat dan mengirim email serta mengolah dokumen di cloud. 
 

Situasi Faktual

Kenyataannya masih banyak pencari kerja sebagai tenaga perkantoran umum, umumnya kurang membekali diri dengan keterampilan yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan perkantoran sehari hari seperti kemampuan menyusun surat menyurat. Keterangan BKN mencatat terdapat 152.803 data non-ASN (data Badan Kepegawaian Negara tanggal 07 Oktober 2022) yang tidak memenuhi syarat pendataan non-ASN yang didalamnya termasuk tenaga PENGETIK DAN PRAMU KANTOR serta OPERATOR KOMPUTER. Mereka hanya memiliki pengalaman belajar secara otodidak, tanpa mengikuti pelatihan secara khusus tentang pengolah kata. Banyak dijumpai ketika pencari kerja menjalankan test keterampilan khususnya dalam menyusun surat menyurat masih kurang menunjukkan hasil yang diharapkan dari perusahaan penerima sehingga mengakibatkan kesempatan untuk menjadi seorang tenaga perkantoran umum harus terlewatkan. Hal ini disebabkan karena tidak menguasai keterampilan untuk memasuki dunia kerja.

 

Artikel pendukung :

https://www.kantorkita.co.id/blog/pentingnya-penguasaan-aplikasi-perkantoran-untuk-memasuki-dunia-kerja/ 

 

Unit Kompetensi
J.63OPR00.004.2

Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

J.63OPR00.011.2

Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

J.63OPR00.008.2

Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elektronik (e-Mail Client)

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

ASPEK KOMPETENSI

 

PENGETAHUAN (KOGNITIF) SIKAP KERJA (AFEKTIF) KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
  1. Mampu menggunakan perintah-perintah yang terdapat pada Lembar Kerja Microsoft Word
  2. Mampu melakukan pengaturan halaman pengetikan dan penyimpanan dokumen
  3. Mampu menggunakan fitur-fitur yang ada di Microsoft Word
  4. Mampu menyelesaikan pembuatan berbagai dokumen di Microsoft Word
  1. Kreatif dalam membuat dokumen dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Microsoft Word
  2. Teliti dalam mengatur dokumen dengan aturan yang tepat
  3. Cakap mempraktekkan dalam mencetak dokumen dan mengirimnya melalui email
  1. Menyusun surat menyurat dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Microsoft Word
  2. Membuat dokumen dan mengirimnya melalui email
  3. Menggunakan Google Drive dan Google Docs

Teknis Pelaksanaan Pelatihan 

Metode pembelajaran ini menggunakan Metode Daring (Full Webinar)

1. Login menggunakan Akun Prakerja Anda masing-masing

2. Klik pada Aktivitas Webinar, klik pada Link Google Meet yang telah diberikan kemudian Klik Gabung dan Ubah nama sesuai nama Anda


Langkah Akses webinar :

Silakan ikuti pertemuan Webinar pada aktivitas Webinar dalam LMS sesuai dengan jadwal dan tautan pertemuan yang sudah diberikan.

 

Tata Tertib mengikuti Webinar sebagai berikut :

  1. Pastikan perangkat Komputer/laptop/ponsel tersambung dengan internet
  2. Aplikasi yang akan digunakan untuk kelas webinar ini adalah “Zoom“. Jadi, pastikan di komputer/laptop/ponsel Anda sudah terinstal “Zoom“
  3. Link akses webinar berada pada Aktivitas Webinar pada LMS
  4. Akses masuk bagi peserta dibuka 15 menit sebelum acara dimulai.
  5. Peserta hadir tepat waktu pada setiap jadwal Webinar.
  6. Rename nama akun Anda dengan format "KP - Nama Lengkap Peserta Sesuai KTP"
  7. Peserta harus menyalakan kamera (on camera) selama mengikuti webinar. Saat screen capture, para peserta DILARANG menggunakan masker, kacamata hitam, topi, dan alat lainnya yang dapat mengganggu proses verifikasi identitas.
  8. Peserta dimohon untuk tidak mengaktifkan fitur mikrofon saat kegiatan Webinar berlangsung.
  9. Peserta mengisi kehadiran pada link absensi yang akan dibagikan pada kotak chat box
  10. Ketika Webinar berlangsung, peserta dapat bertanya kepada narasumber dengan memanfaatkan kotak chat
  11. Admin memiliki hak penuh untuk mengatur kelas Webinar.
  12. Untuk dapat mengikuti sesi Webinar hari selanjutnya maka setiap aktivitas yang ada pada sesi berlangsung harus diselesaikan pada hari yang sama.
  13. Redeem kode hanya dapat dilakukan sesuai jadwal pelatihan yang dipilih dengan waktu 1 jam sebelum pelatihan hingga 1 jam setelah pelatihan dimulai.

Jika mengalami kendala silakan menghubungi CS kami melalui 0823-2954-4389 (WA) 

Kuota Webinar : 50 peserta 

 

Metode Evaluasi :

  1. Pre Test
  2. Post Test
  3. Formative Test
  4. Praktik Mandiri
  5. Unjuk Ketrampilan
    a. Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan: Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilakansakan.
    b. Instruksi unjuk keterampilan: Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas unjuk keterampilan
    c. Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan: Menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi pengolah angka

Langkah Melihat Sertifikat dan Mengisi Rating :

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progress menunjukkan 100%, maka akan muncul kolom Rating (Ulasan), dan silakan isi Rating (Ulasan).
  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di Tab Penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

Jenis Sertifikat :

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki kurang dari 60 nilai post-test
  2. Sertifikat Kompetensi Lulus, diterbitkan jika  peserta minimal 80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan (diperoleh bila nilai post-test minimal 60)

LAYANAN CALL CENTER

LPK Pembangunan :

Web  :  https://lpkpembangunan.sch.id

Contak Center :  - 0823 2954 4389   (WA)

 

Layanan Call Center Kariermu : 

CS Karier.mu Prakerja +62 811-8902-171 (WA chat only)

https://www.karier.mu/ 

Rp 1.250.000
Online