Menguasai Microsoft Office bagi Sekretaris Administrasi (Video Pembelajaran)

Tentang Pembelajaran

Pelatihan ini menggunakan moda Pembelajaran Mandiri

Okupasi Pelatihan                  :  Secretaries (general)

Rujukan okupasi                     :  Indonesia’s Occupational Tasks and Skills 2020

 

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar terkait pekerjaan sekretaris dibidang kesekretariatan. Sekretaris administrasi diantara pekerjaanya adalah menyusun surat menyurat menggunakan aplikasi pengolah kata, mengolah data berbasis pengolah angka dan juga membuat presentasi. 

 

Kompetensi yang Dilatih 

Melalui pelatihan ini, peserta mendapat bekal mengenai penyusunan surat  menyurat, mengolah data angka dengan rumus-rumus dan fungsi-fungsi serta mendapat bekal membuat presentasi.  Selanjutnya peserta mendapat pula keterampilan digital editing, filling system dan berbagi dokumen. 

 

Urutan Pembelajaran 

Sesi 1: Mengatur lembar kerja, menggunakan fitur-fitur dan penyimpanan dokumen Ms. Word

Sesi 2: Menyusun surat menyurat dengan Ms. Word 

Sesi 3: Menggunakan rumus-rumus dan fungsi-fungsi serta mengolah database dengan Ms. Excel

Sesi 4: Membuat presentasi dengan Ms. PowerPoint

Sesi 5: Mengelola dan memelihara data/file baik secara manual maupun digital


Situasi Ideal

Skill microsoft office sangat dibutuhkan di tempat kerja, terutama bagi sekretaris. Hampir semua perusahaan menggunakan windows, sekretaris maupun administrasi harus familiar dengan perangkat lunak di dalamnya serta tahu bagaimana mengoperasikannya, salah satunya adalah Microsoft Office. Di Microsoft Office dapat digunakan untuk membuat dokumen, mengedit dokumen yang berisi tulisan dan gambar, menyusun data di spreadsheet, serta membuat presentasi dengan demikian pekerjaan jauh lebih efisien.

https://myrobin.id/untuk-pekerja/skill-microsoft-office/

 

Situasi Faktual

Sekretaris memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar dan beragam dalam membantu pimpinan eksekutif mencapai kinerja optimal saat menjalankan bisnis perusahaan. Guna mencapai tujuan tersebut, sekretaris direksi harus kompeten di bidangnya dan memiliki keterampilan kesekretariatan yang tinggi di atas rata-rata. Kemampuan dan ketrampilan menggunakan Ms. Office di era digital masuk dalam kompetensi minimal yang harus di kuasai sekretaris. Permasalahannya adalah, perusahaan maupun sekretaris belum dapat mengenali dan melakukan pemetaan kompetensi utama dan pendukung secara akurat sesuai kebutuhan guna mendukung terselesaikannya tugas-tugas penuh tantangan di era digital ini. Mengidentifikasi hal ini merupakan perihal yang krusial. Jadi penting sekali melakukan pemetaan kebutuhan kompetensi minimal yang harus dimiliki sekretaris bahkan sejak proses seleksi dan rekrutmen. Adanya kesenjangan antara yang dibutuhkan perusahaan dan kompetensi riil para sekretaris yang tidak menguasai keterampilan menggunakan microsoft office berakibat pada tidak terselesaikannya tugas secara sempurna, meleset dari ekspektasi yang berakibat pada tidak terpenuhi target-target, tidak sesuai dengan harapan semula. 

 

https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/download/27418/12582 

(Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus 2019, Vol. XVI No. 2, ISSN 1412-1131, e-ISSN 2528-5750, Hal. 22-38)

Unit Kompetensi

J.63OPR00.004.2

Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

J.63OPR00.011.2

Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut

(SKKNI No. 56 TAHUN 2018 BIDANG PENGOPERASIAN KOMPUTER)

J.63OPR00.012.2

Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Kerja Tingkat Lanjut

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

J.63OPR00.013.2

Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Lanjut

(SKKNI No. 56 Tahun 2018 – Bidang Pengoperasian Komputer)

N.821100.056.02

Memelihara Data di Komputer

(SKKNI No. 183 Tahun 2016 -  Bidang Administrasi Profesional)

 

 

ASPEK KOMPETENSI

PENGETAHUAN (KOGNITIF) SIKAP KERJA (AFEKTIF) KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
Fitur-fitur dalam Microsoft Word , Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint Cermat dalam penggunaan fitur-fitur dalam Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Powerpoint Menggunakan lembar kerja dan fitur-fitur yang ada di Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Powerpoint
Pengaturan halaman pengetikan, line spacing, indentasi serta penyimpanan dokumen Teliti dalam pembuatan dokumen surat menyurat menggunakan Ms. Word  Membuat dokumen surat menyurat menggunakan Ms. Word
Penyusunan dokumen mail merge(surat massal) Teliti dalam penggunaan rumus-rumus dan fungsi-fungsi serta pengolahan database dan grafik di Ms. Excel

Menggunakan rumus-rumus dan fungsi-fungsi serta mengolah database dengan Ms. Excel

 

Rumus-rumus dan fungsi-fungsi serta Pengolahan database dengan filter, advanced filter, pivot table serta membuat grafik Telaten dalam pembuatan presentasi menggunakan Ms. Powerpoint Membuat presentasi dengan Ms. Powerpoint
Slide presentasi powerpoint Cekatan dalam pencetakan dokumen baik Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Powerpoint Mengelola dan memelihara data/file baik secara manual maupun digital
Pengelolaan dan pemeliharaan data/file secara manual maupun digital Cermat dalam pengelolaan dan pemeliharaan data/file  

Langkah Akses SPL:

Silahkan menonton video pelatihan dari awal hingga selesai secara berurutan dalam LMS dan dipastikan mengerjakan setiap kuis dan tugas mandiri tanpa ada yang terlewatkan. 

Metode Evaluasi :

1. Pre-Test

2. Formative Test

3. Tugas Praktik Mandiri

4. Post-Test

5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan yang akan dilakukan peserta adalah menyusun dokumen mailmerge, mengolah data angka, mencetak dokumen serta membuat slide presentasi.
Instruksi Unjuk Keterampilan dapat dilihat setelah mengerjakan post test.
Batas pengumpulan Unjuk Keterampilan maksimal 7x24 jam setelah menerima instruksi Unjuk Keterampilan.

Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating :

1.) Setelah semua aktivitas tercentang  hijau dan  progres menunjukan 100%,  maka akan muncul  kolom  rating dan silakan isi rating.

2.) Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

Jenis Sertifikat

  1. Sertifikat Penyelesaian, diberikan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti seluruh materi pelatihan dan menyelesaikan Evaluasi Akhir sampai dengan Unjuk Keterampilan.
  2. Sertifikat Kompetensi Lulus, diberikan kepada yang telah mengikuti seluruh materi pelatihan dan menyelesaikan Evaluasi Akhir sampai dengan Unjuk Keterampilan dan nilai Unjuk Keterampilan mencapai skor 80 atau lebih.

LPK Pembangunan :

Website  :  https://lpkpembangunan.sch.id

Call Center :  - 0823 2954 4389   (WA)

 

Layanan Call Center Kariermu : 

CS Karier.mu Prakerja +62 811-8902-171 (WA chat only)

https://www.karier.mu/ 

Rp 1.000.000
Online